Selasa, 26 Februari 2019

Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak dan Fungsi Kognitif

Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak dan Fungsi Kognitif - Pegagan yang dalam bahasa Latin disebut Centella Asiatica adalah tanaman liar yang dapat ditemukan dengan mudah di halaman, perkebunan, trotoar, ladang dan sebagainya. Tanaman pegagan ini berasal dari Asia tropis, terutama Asia Tenggara seperti Indonesia, India, Australia, Jepang dan Cina yang kemudian mulai menyebar ke beberapa negara lain. 

Tanaman pegagan ini telah lama dikenal sebagai penyakit kulit seperti keloid, sirkulasi darah dan gangguan saraf. Ada banyak sebutan tanaman pegagan di beberapa daerah seperti selundupan di Sunda, ampagaga di Batak, daun kaki kuda dalam bahasa Melayu, daun tungke di Bugis, Buabok dalam bahasa Inggris, Paardevoet di Belanda dan banyak lagi. Ada begitu banyak bahan aktif dalam daun Centella asiatica seperti meso inositol, isothankuniside, asiaticoside, asam madiatic, natrium, kalium, manfaat zat besi, magnesium, kalsium dan banyak zat penting lainnya yang terkandung di dalamnya.

Tingkatkan Kekuatan Otak

Daun pegagan dikenal sebagai ramuan tradisional yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otak dan juga stimulan yang bagus untuk meningkatkan fungsi kognitif. Jadi sering dikatakan bahwa daun pegagan adalah tonik otak yang sangat baik dalam mempengaruhi kewaspadaan, meningkatkan kinerja intelektual dan kemampuan untuk lebih fokus karena merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

Tingkatkan Memori Otak

Otak adalah bagian integral dari sistem saraf pusat yang dipengaruhi oleh sifat centella asiatica. Daun pegagan merupakan stimulan yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan memori seseorang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih sekolah dan juga pekerja aktif yang membutuhkan memori berkualitas tinggi.

Membantu Pertumbuhan Sel Otak Baru

Penggunaan lain dari daun pegagan untuk otak adalah untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Daun pegagan akan mengaktifkan pelepasan faktor neurotropik yang berasal dari otak atau BDNF yang merupakan protein yang berfungsi seperti pupuk untuk otak sehingga pertumbuhan sel-sel baru di otak dapat lebih ditingkatkan.

Tingkatkan Plastisitas Otak

Daun pegagan yang dikonsumsi secara teratur dalam beberapa minggu juga akan berfungsi untuk mendorong percabangan dendritik, otot dan saraf yang sehat, meningkatkan plastisitas otak dan juga meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak sehingga pikiran dapat tumbuh segar dan muncul ide-ide baru untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Melindungi Otak dari Stres Oksidatif

Daun pegagan juga sangat penting untuk melindungi otak dari semua jenis racun serta stres oksidatif seperti arsenik, timbal, monosodium glutamat atau MSG, aluminium dan zat tambahan lainnya yang terkandung dalam makanan dan seringkali menjadi penyebab migrain, sakit kepala, dan suasana hati ayunan atau suasana hati seseorang.

Disqus Comments