Selasa, 26 Februari 2019

Manfaat Temulawak untuk Anak Paling Utama

Manfaat Temulawak untuk Anak Paling Utama - Tanaman herbal ini yang memiliki nama Latin Curcuma xanthorrhiza termasuk dalam pertemuan kelompok suku. Curcuma sendiri telah digunakan sebagai salah satu tanaman obat pada zaman nenek moyang, dan apa yang digunakan dari tanaman ini adalah rimpangnya. Tumbuhan asli Indonesia ini, dapat tumbuh subur di daerah dengan tanah gembur, baik di dataran tinggi di atas 1500 meter di atas permukaan laut maupun di dataran rendah karena termasuk tanaman tropis.

Tanaman yang sering dijadikan salah satu bahan obat herbal ini memiliki banyak kandungan yang cukup penting terutama untuk menjaga kesehatan tubuh, baik muda maupun tua dan terutama anak-anak. Kandungan yang dimiliki oleh jahe yang dipercaya menjadi salah satu dari sekian banyak herbal yang memiliki khasiat termasuk protein, karbohidrat, dan minyak atsiri. Dalam minyak atsiri itu sendiri terdiri dari beberapa bahan, yaitu glukosida, kapur barus, curcumin dan turmerol. Curcumin dalam jahe memiliki manfaat yang cukup penting, yaitu sebagai antiinflamasi dan juga anti hepototoksik yang dapat diartikan sebagai penangkal racun empedu.

Manfaat Temulawak untuk Anak

Curcuma memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, sehingga banyak obat-obatan herbal menggunakan salah satu tanaman tropis ini sebagai salah satu komposisi utamanya. Salah satunya adalah untuk ramuan herbal tradisional, yang telah digunakan secara turun temurun. Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari tanaman herbal yang memiliki aroma khas ini:

1. Mencegah radang mata

Menurut sebuah penelitian, para ahli mengungkapkan bahwa kandungan curcumin pada tanaman herbal ini memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menangani uvetitis. Penyakitnya adalah peradangan yang terjadi di mata. Penelitian yang diikuti oleh 32 orang yang memiliki uveitis kronis anterior, menemukan bahwa kandungan curcumin pada jahe sama efektifnya dengan kortikosteroid atau obat sintetik.

2. Pertahankan Fungsi Empedu dan Luncurkan Sistem Pencernaan


Kurkumin pada jahe memiliki sifat hepototoksik yang mencegah keracunan kandung empedu dan merangsang fungsinya untuk menjadi lebih produktif. Dari penelitian yang dilakukan, para ahli mengungkapkan bahwa jahe memiliki efek farmakologis, salah satunya adalah pencahar atau pencahar. Inilah sebabnya mengapa orang tua dari zaman kuno menggunakan ramuan ini sebagai cara untuk menghadapi bab-bab sulit secara alami.

3. Menjaga Kesehatan Organ Hati


Satu lagi karakteristik farmakologis dari temulawak adalah hepatoprotektor, yang melindungi hati dari risiko kerusakan atau penyakit yang dapat menyerang hati. Seperti kita ketahui fungsi utama organ-organ ini sangat vital untuk kinerja tubuh secara keseluruhan. Salah satunya sebagai penetral racun yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mempromosikan buang air kecil


Salah satu tanda bayi dehidrasi adalah berkurangnya volume buang air kecil. Selain mengalami dehidrasi, kurangnya volume BAK juga sangat mungkin terjadi karena infeksi saluran kemih yang umum terjadi pada anak-anak. Tentu ini bisa mengganggu aktivitas anak karena cukup mengganggu. Manfaat penting lain yang juga dimiliki temulawak adalah diuretik atau buang air kecil yang lancar. Tentu saja ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi keluhan ini karena sifat diuretiknya.

5. Penambah Nafsu Makan


Seringkali orang tua mengeluh bahwa anak-anak mengalami kesulitan makan, dan lebih suka makan makanan ringan yang bernutrisi diragukan. Curcuma telah dikenal sejak lama sebagai cara untuk menghadapi balita yang kesulitan makan secara alami. Dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat penambah nafsu makan herbal, baik dalam bentuk bubuk maupun minuman dalam botol.

Madu Anak
Nutrinext Lastabumin
Disqus Comments