Senin, 07 Mei 2018

Gejala awal penyakit Tipes

Gejala awal penyakit Tipes - Demam tifoid atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, yang biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Penyakit yang terjadi di negara berkembang dan dialami oleh anak-anak ini dapat mengancam jiwa jika mereka tidak dikelola dengan baik dan cepat.

Tifus dapat ditularkan dengan cepat. Infeksi tifoid terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan sedikit bahan tinja yang mengandung bakteri. Dalam kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi karena paparan urin yang terinfeksi bakteri.

Gejala Utama Sindrom Tipes

Gejala tifus biasanya mulai muncul 1-3 minggu setelah infeksi tubuh, dengan karakteristik sebagai berikut:
  • Demam tinggi
  • Diare atau sembelit
  • Sakit kepala
  • Sakit perut

Kondisi ini bisa memburuk dalam beberapa minggu. Jika tidak segera diobati, komplikasi seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus) dapat terjadi. Risiko komplikasi menjadi mengancam jiwa jika situasinya tidak segera ditangani.



Penyebab Demam Tifoid

Bakteri yang menyebabkan tifus (Tipes), Salmonella typhi, masuk ke usus melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan kemudian berkembang biak di saluran pencernaan. Demam tinggi, sakit perut, konstipasi atau diare terjadi ketika bakteri ini telah berkembang biak.

Bakteri ini terkait tetapi tidak sama dengan bakteri salmonella yang menyebabkan keracunan makanan oleh seseorang.
Disqus Comments