Senin, 07 Mei 2018

Hewan Laut Dengan Sejuta Manfaat

Hewan Laut Dengan Sejuta Manfaat - Fakta menarik pertama yang perlu diketahui dari teripang adalah, makhluk ini termasuk dalam jenis hewan. Anda mungkin menganggapnya sebagai tumbuhan, mengingat teripang juga disebut dengan nama mentimun laut.

Nama mentimun laut digunakan karena secara fisik, bentuk teripang memiliki kemiripan dengan mentimun. Hewan laut yang satu ini punya bentuk tubuh silinder. Saat ini, terdapat sekitar 1.717 spesies teripang yang telah diketahui. Masing-masing spesies memiliki ciri khas warna yang berbeda. Mulai dari cokelat, hijau, biru, merah, serta hitam. https://artikelsadayacerdas.wordpress.com/

Indonesia Dikenal Sebagai Salah Satu Penghasil Teripang Terbesar Dunia

Dalam sebuah laporan yang tercantum di situs resmi National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika Serikat, Indonesia menjadi salah satu negara terbesar penghasil teripang, diikuti Filipina. Pada rentang antara tahun 2000 hingga 2005, kedua negara ini memanen rata-rata 2.672 ton basah teripang per tahun.


Hanya saja, tidak ada catatan secara mendetail mengenai informasi panen teripang di Indonesia dan Filipina. Dalam data FAO, disebutkan kalau Indonesia merupakan negara pengekspor teripang terbesar dunia. Sekitar 40-80% teripang gamat dari Indonesia mendarat ke Tiongkok, Hongkong, dan sebagian kecil ke negara lain seperti Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Singapura, dan Australia.

Teripang Gamat Memiliki Habitat Yang Luas

Teripang gamat juga dikenal sebagai binatang yang memiliki habitat sangat luas. Hewan ini bisa tinggal di laut dangkal ataupun laut dalam. Selain itu, mereka juga kerap tinggal secara berkelompok, membentuk sebuah koloni. Jelly Gamat

Sebuah penemuan di perairan Selandia Baru mengungkapkan koloni teripang gamat dengan densitas mencapai 1.000 ekor per meter persegi. Dengan hidup secara berkelompok, hal ini juga memberi kemudahan terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Hal ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan budidaya teripang. Dengan cara pengembang biakan yang tidak terlalu sulit, nelayan pun bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi dari hasil teripang. Apalagi, nilai jual teripang juga tinggi.
Disqus Comments